10 Tips Jitu Menjadi Blogger Tamu

Selasa, 09 Agustus 2011 0 komentar
Menjadi blogger tamu (guest blogger) sering ditawarkan oleh beberapa blog top. Kesempatan ini mestinya diambil oleh para blogger karena menguntungkan yaitu mendapat limpahan trafik, meningkatkan reputasi, mendapat backlink berkualitas, dan meningkatkan persahabatan dengan pemilik blog tersebut.
Dalam postingan ini saya menginformasikan 10 tips jitu menjadi blogger tamu, yang merupakan postingan kedua dari 3 serial postingan bertopik blogger tamu. Kesepuluh tips ini merupakan tips-tips yang saya gunakan saat menjadi blogger tamu di Blogguebo.
Berikut kesepuluh tips tersebut.
1. Ada keinginan
Hal pertama yang dilakukan adalah Anda harus memiliki keinginan untuk menjadi blogger tamu. Keinginan ini akan muncul bila Anda memahami keuntungan menjadi blogger tamu. Seberapa besar keinginan Anda menjadi blogger tamu? Bila hati Anda bergetar ingin menjadi blogger tamu, berarti keinginan Anda tersebut besar.
2. Percaya Diri
Banyak blogger yang tidak percaya diri menjadi blogger tamu. Hal ini saya amati dari beberapa komentar yang muncul di Blogguebo saat blog tersebut memposting kesempatan menjadi blogger tamu. Contohnya kira-kira seperti ini:
  • Waduh kemampuan saya masih cetek, gak pede neh
  • Saya akan mengirimkan tulisan saya suatu hari nanti
  • Saya belum memiliki pengalaman banyak, malu ah sama yang lain
  • Saya lihat-lihat situasi dulu deh…
  • Dan sebagainya…
Sekadar sharing pengalaman, saya percaya diri saat membaca dan berkeinginan menjadi blogger tamu di Blogguebo. Bagi saya ini adalah kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada blogger lain. Saya bergumam begini: “Apapun hasilnya, minggu depan saya akan mengirimkan satu tulisan”
3. Baca dengan seksama persyaratan yang diberikan oleh pemilik blog
Agar tidak menyalahinya, baca minimal dua kali persayaratannya. Biasanya persayaratannya seperti ini: tulisan original, bukan copy paste, tidak sedang dikirimkan ke blog lain, dan belum pernah dipublikasikan (baik di blog sendiri atau blog milik blogger lain).
4. Amati blog bersangkutan
Luangkan waktu Anda untuk mengamati hal-hal berikut ini:
  • Apa topik blog tersebut
  • Apa saja jenis postingan yang ada
  • Apa saja kategorinya
  • Apa saja postingan terpopulernya
  • Bagaimana gaya penulisannya
5. Tentukan topik tulisan Anda
Hal termudah menentukan topik adalah dengan melihat topik postingan apa saja yang belum ada di blog tersebut. Saya waktu itu melihat bahwa topik mengenai ciri nama domain belum ada di Blogguebo, makanya saya mengambil topik postingan tersebut.
6. Lakukan riset online kecil-kecilan
Selain untuk mencari referensi, riset online berguna untuk melihat apakah topik yang diambil tadi sudah ditulis atau belum oleh blogger lain di blognya. Saat melakukan riset online ini, saya mengamati 10 besar postingan yang muncul di Google.
Seandainya topik tersebut sudah ditulis, Anda masih bisa menggunakan topik tersebut dengan sudut pandang yang berbeda atau menginformasikan perkembangan terkininya.
7. Tulis postingan
Pastikan bodi tulisan yang Anda buat tidak mempromosikan bisnis Anda. Selain itu, gunakan juga teknik SEO on-page antara lain jumlah kata kunci per paragraf, judul gambar,  dan H2. Tujuannya adalah agar postingan tersebut (bila dimuat) teranking baik di mesin pencari. Dengan demikian, peluang limpahan trapik pun semakin besar.
Jangan lupa, buat biodata Anda dibagian bawah tulisan dengan menyertakan link ke blog  atau postingan Anda. Ini untuk memberi informasi latar belakang Anda kepada pemilik blog dan pembaca bila tulisan itu dimuat.
8. Review postingan
Setelah selesai ditulis, review tulisan Anda 2-3 kali. Ini untuk melihat apakah alur penulisan sudah baik dan tidak ada salah ketik.
9. Kirimkan Tulisan
Pengiriman ini dilakukan melalui email. Lakukan secara santun dan beri keterangan singkat mengenai tulisan Anda. Misalnya saja, alasan Anda mengapa memilih topik postingan tersebut.
Setelah pengiriman, biasanya dalam 1-2 hari pemilik blog akan memberitahukan apakah tulisan Anda layak muat atau tidak. Jika layak dimuat, dia juga akan menginformasikan kapan waktu publikasinya.
Bagaimana jika tulisan Anda tersebut ditolak? Anda bisa menanyakan alasannya kepada pemilik blog. Bila diberi kesempatan memperbaikinya, perbaiki dengan segera dan kirimkan kembali.
Kalau ditolak lagi, bagaimana? Tidak ada jalan lain, publikasikan saja diblog Anda.
10. Promosikan dan moderasi postingan
Setelah dipublikasikan, promosikan tulisan di blog yang Anda miliki dan sosial media (facebook, twiter, dan lintas berita). Ini agar tulisan tersebut banyak dibaca orang sehingga peluang limpahan trafik ke blog Anda juga semakin besar.
Jangan lupa, jawab komentar pembaca bila mereka ada yang membutuhkan penjelasan Anda atau mungkin saja ada yang menyanggah apa yang Anda tulis.
Itulah 10 tips jitu yang layak Anda coba. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi Anda yang berkeinginan menjadi blogger tamu. Ngomong-ngomong, apakah Anda memiliki tips lain? kasih dikomen yahhhh

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 ANAK BANGSA | TNB